Kata Fanabis

22 Sep 2010

selasa 22 juni, bertepatan dengan ulang tahun jakarta ke-483 raditya dika mengadakan live chating di detikforum. siang itu ia memakai tshirt warna hitam, celana pendek kotak-kotak. dia sampai di kantor detikcom setengah jam sebelum live chatting di mulai.

penulis buku-buku jenaka itu datang sendirian, tanpa teman atau asisten. rupanya laki-laki yang hobi sepak bola ini belum makan siang. dia langsung menanyakan kantinnya dimana. seharaian ini jadwalnya mitingnya padat. sehabis live chatting pun miting berikutnya sudah menunggu. kenapa sih nyari tempat mitingnya di antah berantah, katanya.

saat ini laki-laki yang baru saja melaunch buku terbarunya marmut merah jambu (mmj) pada 1 juni itu sedang aktif mempromosikan buku kelimanya itu. buku setebal 235 halaman ini telah memasuki cetakan yang ke-6. tak heran karena promonya dilakukan jauh-jauh hari melalui web maupun twitter. selain di blog juga di twitter yang followernya 313,530.

dia adalah seorang personal marketer sejati. dia menyadari betul, seorang penulis tak cukup hanya menulis lalu selesai. namun harus juga bisa menjadi pemasar bagi bukunya sendiri. penulis yang kreatif akan menjadikan bukunya sebagai produk yang harus bisa laku di pasaran.

laki-laki yang bernama panjang raditya dika nasution ini ini mengawali karirnya sebagai blogger. ketika itu tahun 2005 sewaktu masih belajar di australia ia ngeblog dikambingjantan.com. blog tersebut ternyata sangat ramai pengunjungnya. postingan-postingannya di tunggu-tunggu para fansnya yang mayoritas remaja. postingan-postingannya kebanyakan bertema komedi romantik atau bahkan satire dan kadang komedi horor.

ia mengaku merasa tertantang bagaimana menuliskan cerita cinta yang tak selalu manis itu dibuat lucu. misalnya cinta yang ditolak, diputusin, patah hati atau diperbudak cinta. dan ia berhasil. keenam bukunya laris manis di pasaran. kambing jantan, cinta brontosaurus, radikus makankakus, babi ngesot dan yang terbaru: marmut merah jambu.

cinta brontosaurus juga akan segera difilmkan, menyusul buku pertamanya kambing jantan yang sukses difilimkan. shooting akan dimulai habis lebaran nanti. dan tentu saja ia akan menjadi aktornya.

laki-laki yang biasa membaca 5-6 buku sebulan ini di detikforum siang itu membahas buku terbarunya. ia memperoleh pertanyaan aneh dan lucu-lucu dari fansnya. misalnya kenapa judul bukunya selalu memakai nama binatang, apakah dirinya ababil (abege labil)? atau sampai sekarang punya mantan pacar berapa?

ia menjawab dengan kalimat-kalimat kocak. ia mengaku menjadi lucu seperti sekarang karena kebanyakan kebentur kepalanya waktu masih kecil. atau ketika ditanya apa cita-citanya dulu, ia ingin menjadi anggota power rangers. di sela-sela menjawab ratusan pertanyaan sesekali ia menyanyikan lagunya bagindas yang judulnya cinta. sekali-sekali ia juga ngetwitt.

namun sebenarnya ia sangat serius. kesuksesan yang diraihnya sekarang ini dipersiapkan lama. laki-laki yang mulai menulis diary kelas 4 sd ini memang belajar secara khusus menulis komedi. ia banyak membaca-baca soal komedi terutama dari bukunya judy carter - studying comedy.

buku terbarunya marmut merah jambu ia persiapkan selama dua tahun. ia biasa menulis pada tengah malam ketika suasana kamar sepi. ia mengaku untuk menemukan ide-ide yang lucu itu kadang perlu waktu agak lama. menulis komedi itu kayak main puzzle, kadang-kadang ya kita harus memikirkan mana yang bisa dieksploitasi supaya lucu dan menarik atau engga, katanya.

saat ini ia selain menulis buku, menjadi aktor, menulis script, aktivitas lainnya adalah menjadi pembicara di seminar-seminar atau talkshow. dimana-mana dikerubutin fans. pernah suatu waktu salah seorang ibu-ibu muda menyerahkan lipstik untuk dapat cap bibir di bukunya. yang paling mengejutkan ketika tiba-tiba seorang fans menyerahkan sabun di lantai 2 rumahnya.

kurang lebih dua jam ia menjawab pertanyaan. masih banyak memang pertanyaan yang belum sempat di jawabnya. jika masih penasaran dengan laki-laki yang juga redaktur bukune ini, sila tanya melalui twitternya @radityadika

Sumber : fanabis.blogdetik.com


TAGS


-

Author

Follow Me